Salah
satu sifat penting mata kuliah ini ialah bahwa IBD bukan pelajaran sastra,
bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Sesuai dengan
namanya Ilmu Budaya Dasar,mata kuliah ini hanya memberikan dasar-dasar yang
cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi
kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran, keindahan kebebasan,
dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta,
Tuhannya,masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri.
Pendeknya
dalam mencari hidup yang dirasanya lebih bermakna. Ini tentu menyangkut sikap
moral yang diharapkan memperlengkapi mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu
yang akan membimbingnya kearah pembentukan ukuran-ukuran, rasa dan nilai-nilai
dengan tidak bergantung pada orang lain.
Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa
setelah mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memeprlihatkan :
1.minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa
yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya, menelaah apa
yangdikerjakannya dan mengapa.
2.Kesadaran akan pola-pola nilai yang
dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara
hidupnyasehari-hari
3.Kerelaan memikirkan kembali dengan hati
terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secaraberdiri
sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri
4.Keberanian moral untuk mempertahankan
nilai-nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab
dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dibenarkannya.Latar belakang
diberikannya IBD selain melihat konteks budaya Indonesia juga sesuai dengan
program pendidikan di Perguruan Tinggi dalam rangka menyempurkan pembentukan
sarjana. Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang
mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas.
1.Kemampuan akademis
adalah kemampuan untuk berkomunikasi
secara
ilmiah, baik lisan maupun tulisan,menguasai
peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis,
memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah yang dihadapi,
serta
mampu menawarkan alternative pemecahannya
2.Kemampuan professional
adalah kemampuan dalam bidang profesi
tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli
diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang
profesinya
3. Kemampuan personal
adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan
ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan
sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkankepribadian Indonesia,
memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan,
serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang
dihadapi oleh masyarakat Indonesia.Dengan seperangkat kemampuan yang
dimilikinya lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadai sarjana yang
cakap,ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan
keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan umat manusia pada
umumnya.Latar belakang diberikannya mata kuliah IBD dalam konteks budaya,
Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
1. Kenyataan bahwa bangsa Indonesia
terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaraman budaya yang
tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tak lepas dari
ikatan-ikatan primordial, kesukuandan kedaerahan.
2. Proses pembangunan yang sedang
berlangsung terus menerus menimbulkan dampat positi dan dampak negative berupa
terjadinya pergeseran nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun
terkena pengaruhnya.Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini ialah
timbulnya konflik dalam kehidupan.3.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konfflik dengan
tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah
diciptakannya itu.Hal ini merupakan sikap ambivalen teknologi, yang disamping
memberikan segi positf, juga memiliki segi negative
OPINI :
IBD adalah ilmu yang mempelajari budaya
budaya dasar di manapun dengan ada nya IBD kita dapat belajar banyak tentang
budaya yang ada di belahan dunia dan juga kita dapat menggunakan IBD untuk
salah satu motivasi belajar lebih baik dengan melihat budaya budaya asing yang
mempunyai nilai positif dari kebudayaan nya oleh sebab itu penting nya
mempelajari ilmu budaya sosial agar kita lebih mengerti tentang kebudayaan
negara kita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar