Rabu, 27 April 2016

Tugas 2 Bahasa Indonesia 2 (4KA10 ulang 3KA07)

# CONTOH KARANGAN ILMIAH UNTUK PENELITIAN SEDERHANA


1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia kini hampir sepenuhnya didukung oleh informasi. Informasi itu sendiri dapat dikatakan tidak terbatas. Hal ini menyebabkan manusia sebagai pelaku utama perkembangan tersebut dituntut agar selalu berusaha untuk mendapatkan informasi yang terbaru. Setiap individu mempunyai berbagai macam cara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Namun pada umumnya manusia mencari informasi dari media-media yang lebih mudah dimengerti, salah satu media yang digunakan adalah internet.

Belanja dengan media internet salah satunya adalah dengan cara belanja online atau online shopping, online shopping adalah sebuah sistem terbaru dalam beberlanja yang sekarang banyak dipilih oleh konsumen karna mudah dan cepat dalam proses transaksinya. Bagi konsumen yang ingin memenuhi kebutuhan tetapi tidak sempat karena sibuk dengan aktifitas yang menyita waktu sehingga waktu yang biasa dipakai memenuhi kebutuhan dengan yang dapat dipenuhi hanya dengan sekedar belanja. Semakin belanja online ini menjadi sangat booming karena semua website online menggunakan sistem belanja online untuk lebih menarik minat para calon konsumen.

Semakin banyak penggunaan alat elektronik berbasis internet membuat semakin mudahnya melakukan transaksi jual beli secara online. Dampaknya banyak sekali penjual yang tidak melakukan pemasarannya melalui internet tidak mengalami kemajuan dan berakhir dengan berkurangnya transaksi setiap harinya, sehingga banyak penjual melakukan inovasi-inovasi baru untuk memasarkan jualannya melalui internet, termasuk menjual pakaian secara online.

Hiattus merupakan salah satu produksi baju yang berada di Jl. kramat Jati. Hiattus ini menawarkan beragam pakaian yang menarik, namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Kurang efektifnya penyebaran informasi yang jelas, menjadi keterbatasan yang sekarang dialami karena masih menggunakan media informasi berupa Price list yang tentunya memiliki jangkauan terbatas dan belum lagi permasalahan pada proses pemesanan serta pembayaran yang hanya bisa dilakukan dari tangan ke tangan saja dan datang ke penjual langsung .    

Berdasarkan hal tersebut diatas diangkat sebuah tema untuk penulisan ilmiah ini dengan judul “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN BERBASIS WEB PADA HIATTUS MENGGUNAKAN NOTEPAD++, PHP dan MySQL”.

1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah yang diambil dalam penulisan ilmiah ini adalah proses transaksi, pembayaran pada web ini tidak secara langsung melalui internet melainkan dengan cara transfer bank dan bukti transfer dikirim melalui email setelah itu barang yang dipesan customer segera dikirim setelah bukti diterima .Proses pengiriman hanya dilakukan untuk wilayah Jabodetabek dengan biaya ongkos kirim yang berbeda-beda . Pembuatan website penjualan pakaian Hiattus menggunakan Notepad++, PHP, dan MySQL .

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan dari pembuatan web penjualan pakaian ini adalah untuk membantu masyarakat dalam mencari atau membeli produk-produk kaos Hiattus tanpa harus membuang waktu dengan datang langsung ke penjual unruk mendapatkan produk tersebut. Penyajian web yang sederhana serta mudah untuk dimengerti oleh masyarakat membantu mereka untuk lebih cepat dalam berbelanja dan tidak harus menunggu lama dalam proses transaksi jual beli.

1.4  Metode Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan gambar dan teori-teori yang dibutuhkan dari berbagai sumber baik buku maupun internet. Langkah-langkah pembuatan website yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a. Identifikasi: Meneliti bagaimana cara agar website penjualan yang dibuat bisa dengan baik tersalurkan dan dimengerti oleh masyarakat .
b. Analisa: Melakukan pengumpulan data seperti gambar dan keterangan mengenai harga setiap produk.
c. Perancangan: Melakukan perancangan tampilan secara garis besar. Perancangan database menggunakan ERD. Perancangan alur navigasi menggunakan struktur navigasi.
d. Uji coba: website akan di uji coba oleh beberapa user sehingga dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan website tersebut
e. Implementasi: Website akan dihosting dan dipromosikan melalui jejaring sosial sehingga masyarakat dapat menikmatinya .

# ARTIKEL EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

Penggunaan Bahasa Indonesia di Jejaring Sosial
   Penggunaan bahasa gaul dalam jejaring sosial semakin marak digunakan oleh para remaja, apalagi pada saat ini sedang musim-musimnya penggunaan ponsel Blackberry yang menyuguhkan aplikasi beraneka ragam untuk membuat tulisan yang bermacam-macam bentuknya. Selain itu, penyedia layanan jaringan seluler pun menawarkan aplikasi untuk menulis bahasa gaul.
   Pada kenyataannya bahasa Indonesia memang sudah didapatkan dari sejak kita lahir, tetapi hingga kini kita masih tetap saja merasa kesulitan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Misalnya, walaupun kelihatannya mudah, tetapi dalam ujian nasional bahasa Indonesia jarang ada siswa yang mendapatkan nilai seratus. Selain itu, ketika kita memasuki dunia pekuliahan lagi-lagi dipertemukan dengan mata kuliah bahasa Indonesia, hal itu tentu saja bukan tanpa alasan. Kebutuhan akan berbahasa Indonesia yang baik dan benar itu sangat diperlukan bagi warga negara Indonesia. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa negara Republik Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya kita mempertahankan dan melestarikan bahasa Indonesia karena bahasa adalah identitas bangsa.
   Dengan adanya bahasa gaul atau bahasa alay di kalangan remaja, mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar bahasa Indonesia. Tetapi, hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Penggunaan bahasa gaul tersebut tidak menjadi ancaman yang begitu serius bagi penggunaan bahasa Indonesia. Karena bahasa gaul akan tumbuh bersamaan dengan perkembangan usia remaja. Hal tersebut dianggap wajar karena sesuai dengan tuntgutan perkembangan pribadi usia remaja, yang sering memiliki keinginan untuk hidup dengan kelompoknya dengan menciptakan bahasa rahasia dalam kelompoknya tersebut. Sehingga bahasa gaul yang digunakan dalam suatu kelompok remaja sering kali hanya dapat dimengerti oleh anggota kelompok mereka sendiri. Tetapi, ketika mereka berada di luar kelompoknya mereka akan kembali menggunakan bahasa lain yang berlaku secara umum di lingkungan tempat di mana mereka berada. Jadi, penggunaan bahasa gaul itu tidak mengganggu pada penggunaan bahasa Indonesia. Haruslah ada kesadaran pada diri kita selaku pengguna bahasa Indonesia untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan dalam EYD.
    Kita sebagai pemilik bahasa Indonesia sudah seharusnya merasa bangga ketika kita dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Tetapi, pada kenyataannya di kalangan masyarakat umum, seringkali ditemukan adanya penggunaan bahasa Indonesia yang sering mengalami campur kode dengan bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Padahal, mereka yang mencampur kode penggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris tersebut belum memiliki kemahiran berbahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan kemahiran berbahasa Indonesianya. Mereka bersikap demikian karena menganggap ketika mereka dapat menyelipkan kata-kata berbahasa Inggris ke dalam kalimat bahasa Indonesia, mereka akan merasa bangga.
   Oleh karena itu, mulai dari diri kita cintailah bahasa Indonesia. Gunakanlah bahasa Indonesia dengan penuh kebanggaan. Karena bahasa adalah identitas bangsa dan dari bahasa tersebut akan tercermin jati diri bangsa. Mari kita buktikan bahwa adanya penggunaan bahasa gaul atau bahasa asing tersebut tidak menjadi ancaman bagi penggunaan bahasa Indonesia. Karena jika kita dapat menggunakan bahasa-bahasa tersebut secara profesional, maka penggunaan bahasa gaul, bahasa asing, ataupun bahasa daerah akan tumbuh dan berkembang sendiri sesuai dengan lingkungan, fungsi, dan situasinya masing-masing.

# CERPEN
Tak Ada Uang Hukum di Tentang, Ada Uang Hukum di Sayang
     Ada ungkapan yang mengatakan di setiap lini kehidupan dunia pasti ada oknum, tetapi mengapa banyak sekali oknum di negara ini dan yang bukan oknum itu yang mana? dan hukum itu berpihak pada uang, bukti kasus nenek pencuri jagung, seorang ibu yang mengeluhkan kinerja sebuah RS di negara ini, dan seorang ibu terdakwa kasus bank Century dan masih banyak lagi yang lain tetapi tidak terekspos. masalah yang mereka hadapi adalah bukan pada pasal apa yang sudah mereka langgar tetapi berapa uang yang mereka punya agar hukum dapat berpihak pada mereka. jadi berbahagialah penduduk negara ini dengan uang di kantong dapat membeli kebenaran di negara ini. aparat penegak hukum negara ini tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum tetapi memandang berapa rupiah yang akan masuk ke rekening pribadi mereka jika membuat hukum dapat berpihak pada tertuduh..

pesan untuk diri sendiri dan keterunan ku:kejarlah uang sampai ke negeri Cina karena kita sebagai manusia kita tak luput dari salah tetapi jika karena uang lalu kita menjadi si pendosa atas kesalahan yang tidak kita lakukan apalah arti hidup ini.

    kupanjatkan do'a pada Tuhan: jadikan aku orang yang memiki banyak uang karena aku manusia biasa yang tak kan luput dari salah dan dosa. dengan uang yang aku miliki aku yakin kan dapat menjdi manusia sempurna di muka bumi ini tanpa cela dan cacat.
entah nanti jika sudah di akhirat.

     dan untuk bayi2 yang kan di lahirkan jangan pernah berani2 sanggup dilahirkan ke dunia ini jika belum ada uang di kantong. tidak semua memerlukan uang tetapi semuanya harus ada uang nya. akan kuajari anak dan keturunanku cara memproduksi uang. jika sudah memiliki uang banyak buat apa akal budi pekerti, iman, norma.


SUMBER : 
-Google image
-http://www.lokerseni.web.id/2012/02/contoh-cerpen-kumpulan-cerpen-terbaru.html
-http://definisi.org/penggunaan-bahasa-di-jejaring-sosial




Tidak ada komentar:

Posting Komentar